16 Subsektor Ekonomi Kreatif di Bidang Desain Interior

16 Subsektor Ekonomi Kreatif di Bidang Desain Interior

admin
admin
January 22, 2021

Industri desain interior ternyata mempunyai banyak sekali bidang yang bisa digeluti. Ada sekitar 16 subsektor ekonomi kreatif desain interior yang berkembang dan banyak membantu mendesain berbagai jenis bangunan, ada apa saja ya kira-kira?

16 Subsektor Ekonomi Kreatif Desain Interior

1.     Jasa Desain Interior Hunian

Seperti namanya, desain hunian berfokus pada sebuah rumah. Baik itu rumah tinggal tunggal, apartemen, kondominium, cottage, villa, dan lain sebagainya.

Desainer interior yang berspesialisasi dalam bidang ini bekerja sama dengan klien untuk memastikan rumah mencerminkan kepribadian, preferensi, dan gaya hidup mereka, serta memenuhi standar keselamatan dan kode bangunan.

2.     Desain Interior Komersial

Desain komersial mencakup berbagai macam bangunan bisa berupa toko, restoran, bank, hotel, kantor, kapal pesiar, pusat perbelanjaan, dll. Dalam kategori desain ini, bangunan seperti museum, gedung-gedung pemerintah, institusi swasta, atau rumah sakit juga masuk dalam niche ini.

Desain komersial jauh lebih beragam daripada desain hunian, dan menawarkan banyak niche yang berbeda.

3.     Desain Ritel

Seorang desainer interior ritel berspesialisasi dalam desain dan konstruksi ruang ritel. Tanggung jawabnya adalah menggabungkan berbagai keterampilan kreatif dan teknis. Desainer bekerja bersama arsitek, insinyur, kontraktor, dan profesional lainnya untuk membangun lingkungan ritel menarik.

4.     Desainer Interior Toko

Desainer interior toko adalah pekerjaan yang membuat komponen visual ruangan dalam toko atau mall, agar memiliki tampilan yang menarik supaya konsumen berbelanja.

Tugasnya adalah menggambar denah lantai dan mengatur ruang agar strategis. Selain membuat toko retail enak dipandang dan mendukung identitas brand, tugasnya juga membuat tampilan toko mencerminkan histori atau visi pemiliknya.

5.     Desain Pencahayaan

Desainer pencahayaan merancang dan merencanakan pencahayaan dan sistem kelistrikan. Tugasnya bekerja sama dengan desainer interior, insinyur, dan arsitek. Desain pencahayaan bisa merancang cahaya pada ruang hunian, komersial, atau industri.

6.     Desainer Pameran

Desainer pameran bertugas membuat desain untuk pajangan, kios, stan, dan bangunan serupa lainnya, yang digunakan untuk pameran.

Baik itu pameran museum, peluncuran produk, acara promosi, pameran dagang, atau galeri seni, tugas desainer pameran adalah membuat tata letak ruang pameran semenarik mungkin.

7.     Event Designer

Event designer memiliki tanggung jawab untuk menggunakan ruang secara kreatif. Event designer sering dipekerjakan oleh perusahaan katering, perancang pernikahan, perusahaan hiburan acara, dan perusahaan yang menangani acara perusahaan.

Event designer sebagian besar bekerjasama dengan event planner untuk memastikan semua elemen desain acara dijalankan sesuai rencana.

8.     Sustainable Interior Design

Sustainable interior design bertugas menciptakan ruang interior dengan menggunakan prinsip-prinsip desain, seperti fungsionalitas, aksesibilitas, dan estetika ditambah dengan memasukkan pertimbangan lingkungan.

Fokus pekerjaan pada bidang ini adalah mengatur ruang yang efisien, pemilihan bahan dengan dampak lingkungan yang rendah, dan pengurangan konsumsi energi, polusi, dan limbah.

9.     Set Designer

Set designer atau desainer latar bertugas menciptakan tampilan menyeluruh dari setiap set tertentu di televisi, film, atau teater.

Pekerjaan di bidang ini menuntutnya untuk memiliki kreativitas tinggi, harus membuat konsep ide, merancangnya, dan kemudian melakukan yang terbaik untuk mewujudkannya dengan tim.

10.  Jasa Konsultasi Desain Interior

Konsultan desain interior bekerja untuk membantu klien dengan dekorasi interior rumah, toko, kantor, atau bangunan lainnya. Tugasnya adalah bertemu dengan klien, memeriksa ruang yang ingin klien desain ulang, memeriksa sampel, dan memberikan saran yang melengkapi gaya pribadi atau estetika ruangan.

11.   Konsultan Perencanaan Ruang

Konsultan perencanaan ruang biasanya bekerja dengan para pemilik kantor yang membutuhkan konsultasi mengenai penggunaan ruang kerja. Tugasnya adalah membuat ruangan yang nyaman dengan kualitas interior yang sangat baik.

Ya, tugasnya adalah merencanakan tata letak ruang untuk kantor kecil dan perusahaan besar, memaksimalkan ruang kecil atau besar supaya lebih efisien.

12.  Desainer Furnitur

Desainer furnitur memiliki berbagai tugas mulai dari menggambar dan merencanakan hingga membangun model dan prototipe untuk klien.

Namun, tugas utama pekerjaannya adalah membuat furnitur khusus yang paling sesuai dengan ruangan di sebuah rumah atau gedung dengan menggunakan bahan seperti kayu, logam, kain, dan tekstil.

13.  Kitchen Designer

Kitchen designer menangani estetika dapur dan kegunaan ruangan. Biasanya seorang desainer akan bekerja bersama kontraktor atau arsitektur untuk menentukan denah lantai tertentu.

Kitchen designer perlu memahami detail fungsional seperti suhu dapur dari item-item yang digunakan, perawatan yang diperlukan untuk peralatan dan prosedur penggantian. Ia  juga bertugas untuk menyeimbangkan desain dan fungsionalitas barang di dapur kepada klien.

14.  Office Designer

Office designer biasanya diperlukan untuk menata ruang kantor yang telah direnovasi. Tugas kerjanya lebih kepada menghilangkan fitur-fitur seperti dinding partisi dan langit-langit di atap kantor atau menata ulang bekas kantor untuk dijadikan kantor baru.

15.  Designer Lembaga Pendidikan

Dengan meningkatnya kesadaran akan sains di balik pembelajaran, banyak lembaga pendidikan menggunakan desain interior sekolah untuk bisa menarik siswanya semangat belajar.

Penggunaan warna dan bentuk yang tepat di ruang kelas, kantin, ruang belajar dan perpustakaan sebisa mungkin didesain agar menumbuhkan semangat dan minat anak belajar.

16.   Desain Interior Food and Beverages (F&B)

Desainer interior komersial khusus gerai F&B adalah menyediakan lingkungan makan yang estetis, dan menemukan ide-ide segar agar gerai menonjol dari para pesaingnya sambil membangun brand yang konsisten.

Tugasnya adalah membuat interior berfungsi untuk memenuhi tujuan bisnis dan sesuai dengan anggaran gerai F&B.

Daftar 16 subsektor ekonomi kreatif di bidang desain interior sebagaimana yang telah dijelaskan di atas ternyata memiliki peran yang sangat penting, lho. Apalagi bagi pembangunan berbagai rumah hunian, gedung-gedung pemerintah, bisnis, taman, sekolah, dan restoran!

admin
Others