Cara Orang Tua Melatih Bayi Merangkak Paling Mudah

Cara Orang Tua Melatih Bayi Merangkak Paling Mudah

admin
admin
March 14, 2021

Cara melatih bayi merangkak terlihat sangat mudah namun rupanya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Pada umumnya bayi yang sudah mulai merangkak ini berusia sekitar 7 hingga 10 bulan. Dan di setiap tentunya memiliki tumbuh kembang yang berbeda beda. Jadi anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan bayi apabila di usianya tersebut belum bisa juga untuk merangkak. Dan ikatan dokter indonesia juga telah memberikan pernyataan bahwa tidak semua bayi akan mengalami proses merangkak ini karena ada juga bayi yang langsung berdiri atau berjalan tanpa proses merangkak. Namun umumnya memang merangkak adalah hal yang diinginkan orang tua agar mengurangi rasa khawatir terhadap kelambatan tumbuh kembang anak. Dan untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara melatih bayi merangkak maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Melatih Bayi Merangkak

Cara melatih bayi merangkak yang pertama yaitu anda dapat mengajak si kecil untuk bermain sambil posisi si bayi ini tengkurap. Latihan ini dapat dilakukan hanya dengan beberapa menit saja dan orang tua dapat meningkatkan waktu secara bertahap. Tentu ada sebagian yang bertanya mengapa harus tengkurap? Jadi posisi tengkurap ini nantinya dapat membantu perkembangan yaitu kekuatan otot bahu si bayi kemudian melatih otot punggung serta batang tubuh dan juga tangan bayi yang digunakan untuk merangkak.

Latihan merangkak yang kedua yaitu orang tua dapat memancing si buah hati untuk dapat meraih mainannya sendiri. Disini orang tua dapat meletakkan mainan atau benda kesayangan bayi di depannya namun beri jarak yang dapat dijangkau oleh bayi. Pancingan inilah yang dapat mendorong bayi untuk menggunakan tubuhnya demi meraih mainannya tersebut. pada kondisi ini bayi akan menopang bagian tubuhnya hanya dengan menggunakan telapak tangan dan juga kakinya. Nah orang tua pun dapat menggunakan telapak tangganya untuk pijakan bayi.

Cara melatih bayi merangkak yang ketiga yaitu orang tua hendaknya memberikan tempat yang sangat nyaman dan aman untuk bayi merangkak. Pastikan juga lantai yang digunakan sangat bersih sehingga bayi juga akan tetap sehat. Cara belajar merangkak untuk bayi berikutnya yaitu tidak disarankan untuk menggunakan baby walker. Penggunaan baby walker ini tentunya dapat mengurangi waktu latihan merangkak untuk bayi. Dan beberapa yang perlu dibatasi yaitu penggunaan ayunan, kursi bayi, mainan seperti bouncer dan juga gendongan bayi.

Pastikan si bayi selalu memiliki waktu luang untuk berlatih. Dan untuk yang terakhir yaitu orang tua tidak perlu memaksakan bayi agar dapat merangkak. Karena tidak ada patokan dalam waktu untuk bayi agar bisa merangkak. Biarkan juga mengalir seperti apa adanya tanpa adanya paksaan. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari bagaimana caranya untuk melatih bayi agar dapat merangkak dengan baik dan benar.

admin
Parenting